Tips Mempertahankan Konsentrasi Saat Tubuh Mulai Lelah Bekerja


SUMBER FOTO : auwoo.wordpress.com

Aktivitas seharian penuh bakal menguras tenaga. Akibatnya tubuh menjadi cukup lelah yang kemudian akan memengaruhi penurunan kemampuan berkonsentrasi. Biasanya rasa lelah ini menyerang di waktu siang hari saat pekerjaan satu per satu diselesaikan. Penurunan tenaga ini hal wajar. Namun jika pekerjaan masih menumpuk, Anda mesti tetap menggenjot konsentrasi.
Dikutip dari laman Republika, ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar konsentrasi tetap terjaga sekalipun tenaga mulai menipis. Begini caranya:
Ambil waktu istirahat sejenak secara teratur. Misalnya setelah Anda melakukan kegiatan produktif selama 52 menit, ada baiknya diselingi istirahat selama 17 menit. Dengan begitu energi lebih bisa dikelola.
Jangan lupa makan dan minum. Sekalipun pekerjaan sangat banyak, tetap sempatkan untuk makan dan minum. Saat tubuh serasa mulai kekurangan energi, ambil cemilan dan imbangi dengan minum air putih secara cukup. Makanan ringan dan cukup minum membuat tubuh bugar lebih lama.
Jauhkan gangguan selama bekerja. Semua hal yang mengganggu selama bekerja sebaiknya disingkirkan. Termasuk bila selama bekerja ternyata Anda lebih sering buka smartphone untuk keperluan hiburan, maka ada baiknya Anda matikan sementara. Hal-hal sepele seperti mengecek pesan percakapan, email, dan sebagainya menjadi hambatan untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.
Tetapkan tujuan. Bekerja lebih nyaman kalau Anda memiliki tujuan. Tujuan ini akan memotivasi bekerja lebih efektif dan cepat. Anda juga makin bersemangat dalam menyelesaikannya.

0 komentar:

Posting Komentar

More

Diskusi Yuk

Cari Disini

Whats Hot