SISTEM INFORMASI YANG DIPAKAI ALFAMART

Sistem informasi pada minimarket Alfamart

OLEH : 
- M ARASY F (4111161165)
- M ATHHAR A (4111161170)
- KIREY ULLIMAZ S (4111161161)
- IKBAR ILHAM A (4111161173)
- ARIF RIZKI (4111161176)


Alfamart adalah sebuah brand minimarket penyediaan kebutuhan hidup sehari-hari oleh PT.sumber alfaria trijaya,tbk.
Motto “belanja puas,harga pas”

System informasi perusahaaan Alfamart
Lajunya pertumbuhan gerai toko Alfamart yang cepat dengan transaksi lebih dari 40 transaksi struk perbulan ,dapat terlaksana karena didukung oleh sistem teritegrasi pada setiap poin of sales (POS) kasir disemua gerai yang mencakup sistem penjualan, persediaan, dan penerimaan barang. Teknologi di pos kasir dirancang sudah memenuhi kebutuhan perkembangan dan transaksi di masa depan.
Untuk mempercepat pelayanan dan kenyamanan belanja dikasir, Alfamart menggunakan pemandaian scanner barcode, pembayaran pun kini memberikan kemudahan bagi konsumen dengan menggunakan bca debit,mandiri debit dan berbagai macam bank yang tercantum.
Dalam diadakan distribusi barang ,alfamart menerapkan digital packing system dan tail gate system pada pusat distribusinya. Kedua sistem ini mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses pengambilan barang dari rak penyimpanan dan pemuatan barang ke armada pengirim maupun barang di gerai Alfamart.

Pengendalian operasi toko
Persediaan operasi toko adalah salah satu sistem yang sudah ditetapkan perusahaan agar kegiatan di toko berjalan dengan lancar atau sempurna. Adapun pengendalian toko tersebut adalah:
1.      pengendalian persediaan
2.      pengendalian penjualan
3.      pengendalian biaya
4.      pengendalian administrasi
5.      pendapat lain-lain
6.      pengendalian lingkungan

  
User interface diperlukan untuk program aplikasi ini untuk mempermudah pengguna pada saat menggunakan program aplikasi ini berbagai pengguna yang gaptek atau yang berpengalaman dapat mengoperasikan program ini tanpa banyak kesulitan.

ERD merupakan model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi.

KESIMPULAN

Kesimpulannya adalah minimarket menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Perusahaan Alfamart ini memakai sistem SIS yang merupakan jantung dari sistem pusat Alfamart yang mencakup POS (untuk pembayaran), Stock of Name (untuk pendataan Barang), TAS (untuk pendataan Absen), Etrans (untuk pembayaran commerce). Sistem SIS ini berbentuk aplikasi.

Semua ini di koordinir oleh Bagian IT, sedangkan staff Alfamart hanya menjalankan bagian operasional saja.

Serta lebih Efisiensi waktu, tenaga, pikiran dan biaya dalam proses pencatatan, pencarian data dan pembuatan laporan, sehingga laporan yang hasilkan lebih tepat waktu, akurat dan relevan bagi penerima informasi terakhir.

Distribusinya sama- sama menerapkan digital picking system (DPS). Sistem teknologi informasi ini memungkinkan pelayanan permintaan dan suplai barang dari pusat distribusi ke toko-toko. Selain itu Alfamart menggunakan sistem Persediaan operasi toko adalah salah satu system yang sudah ditetapkan perusahaan agar kegiatan di toko berjalan dengan lancar atau sempurna.


Dan  fasilitas pembayaran yang diberikan Alfamart cukup banyak diantaranya adalah BCA debit, mandiri debit dan berbagai macam bank yang berkerjasama pada minimarket alfamart.


0 komentar:

Posting Komentar

More

Diskusi Yuk

Cari Disini

Whats Hot